Senin, 06 November 2023

REFRESHING DOKCIL MATERI KESEHATAN GIGI DAN MULUT



Refreshing DOKCIL Materi Kesehatan Gigi
SDN Cangkiran 02


Upaya meningkatkan kesehatan gigi pada usia dini sangat penting karena merupakan salah satu unsur penting sebagai penunjang untuk mendukung kesehatan umum. Salah satu cara meningkatkan kesehatan gigi adalah memelihara kebersihan gigi dan mulut. Pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut anak melibatkan interaksi antara anak, orang tua, dan para petugas kesehatan gigi yang dalam hal ini adalah dokter gigi dan terapis gigi dan mulut.

Perlunya pemberdayaan dibidang kesehatan merupakan salah satu cara untuk mendukung pelaksanaan pembangunan Kesehatan secara utuh, oleh itu perlu digerakkan kader atau tokoh masyarakat melalui peningkatan kemampuan dengan pelatihan dibidang. Bentuk peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan gigi diwujudkan dengan UKGS dan UKGM.

Usaha kesehatan gigi sekolah (UKGS) adalah salah satu usaha untuk mengatasi masalah kesehatan gigi pada anak yang merupakan salah satu program pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Kenyataan yang ada jumlah petugas kesehatan yaitu perawat gigi di puskesmas masih kurang untuk memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di SD sehingga perlu diadakannya pelatihan kader kesehatan gigi dan mulut untuk membantu petugas kesehatan. Sehingga masalah kesehatan gigi pada anak dapat diatasi melalui pelatihan tersebut sebagaimana anak-anak yang mengikuti pelatihan kader kesehatan gigi dan mulut di sekolah dapat menyampaikan pengetahuan yang mereka peroleh dan menerapkan untuk pertolongan pertama sebelum terjadi masalah pada kesehatan gigi yang lebih serius.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan refreshing DOKCIL SDN Cangkiran 02 sebagai berikut :

Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut


Sikat Gigi Bersama


Pemeriksaan Gigi antar Teman







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REFRESHING DOKCIL MATERI KESEHATAN GIGI DAN MULUT

Refreshing DOKCIL Materi Kesehatan Gigi SDN Cangkiran 02 Upaya meningkatkan kesehatan gigi pada usia dini sangat penting karena merupakan sa...