Senin, 06 November 2023

MASALAH KESEHATAN GIGI & MULUT PADA IBU HAMIL RESIKO BAYI LAHIR PREMATUR


 Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut saat Hamil


Kehamilan merupakan suatu keadaan dimana terdapat janin di dalam rahim seorang perempuan. Saat seorang wanita hamil maka akan terjadi perubahan hormon seks yaitu peningkatan hormon estrogen dan progesteron yang di produksi oleh plasenta berupa HCG (Human Chorionic Gonadotropine) yang menyebabkan perubahan fisiologis tubuh. Perubahan tersebut dapat terjadi secara sistemik (pada sistem kardiovaskular, respirasi, hematologi, dan lain-lain) maupun secara lokal di beberapa bagian tubuh termasuk perubahan pada rongga mulut yang diakibatkan dari rasa mual dan muntah.

Mual dan muntah yang dialami akan menyebabkan pH saliva mengalami penurunan sehingga kadar asam di dalam rongga mulut meningkat. Ibu hamil biasanya merasa malas dan tidak nyaman untuk menyikat gigi karena dapat memicu rasa mual. Di sisi lain ibu hamil mengonsumsi makanan yang asam dan manis untuk mengurangi rasa mual dan muntah. Apabila hal itu tidak diimbangi dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut secara rutin, maka terjadi peningkatan plak dalam gigi yang akan memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut, seperti percepatan perparahan gigi berlubang, timbulnya gigi berlubang baru, dan terjadinya peradangan pada gusi.

Masalah tersebut jika dibiarkan dan tidak dirawat akan menyebabkan masalah sistemik selama kehamilan dan dapat menyebabkan kelahiran prematur dan berat bayi lahir rendah. Gigi berlubang yang tidak dirawat dapat menyebabkan indikasi pencabutan yang tidak boleh dilakukan pada saat kehamilan. Tindakan pencabutan gigi pada saat hamil harus dihindari karena dapat membahayakan janin akibat penggunaan obat anastesi atau timbulnya stres pada ibu hamil saat pencabutan gigi.

Oleh karena itu masalah kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil perlu perhatian khusus karena dapat mempengaruhi kondisi janin yang berakibat bayi lahir prematur dan berat bayi lahir rendah sehingga dapat menyebabkan tumbuh kembang anak terganggu dan stunting. 

Pencegahan terhadap masalah kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil perlu diselenggarakan, dimulai dari pemberian edukasi mengenai kesehatan gigi dan mulut untuk menambah pengetahuan ibu mengenai bagaimana pmeliharaan kesehatan gigi saat hamil dan apa yang harus dilakukan jika terdapat masalah kesehatan gigi saat hamil.

Jika Ibu hamil kesehatan gigi dan mulutnya terjaga maka kita juga menjaga bayi yang dikandungnya dan mencegah terjadinya bayi lahir prematur dan stunting, maka kita juga sudah mendukung dan membantu mengenai isu pembangunan kesehatan yaitu penurunan angka stunting dan kematian ibu dan bayi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REFRESHING DOKCIL MATERI KESEHATAN GIGI DAN MULUT

Refreshing DOKCIL Materi Kesehatan Gigi SDN Cangkiran 02 Upaya meningkatkan kesehatan gigi pada usia dini sangat penting karena merupakan sa...